Warga Tunggorono Jombang Terpaksa Mengungsi Karena Tercemar Debu Kayu Pabrik

Debu yang berasal dari pabrik kayu di Tunggorono
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Warga di Dusun Tunggorono, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur terdampak debu serbu kayu dari pabrik pengolahan kayu di desa setempat. Udara di desa itu tercemar serbu kayu. 

Ledakan Bom Ikan Terjadi di Pasuruan, 1 Tewas, 5 Bangunan Rusak

Hampir setiap hari mereka menyapu serbuk kayu yang terbang hingga ke rumah mereka. Bahkan ada tiga balita yang mengalami sakit infeksi saluran pernapasan (ISPA). Hingga salah satu balita bernama Saka dirawat selama 2 hari di RSUD Jombang.

Hingga kini belum ada solusi atas debu serbuk kayu yang dikeluhkan warga, bahkan warga memilih untuk mengungsi. Sebab, sampai saat ini belum ada solusi dari pemerintah maupun pihak perusahaan.

EKRUTES.ID Bantu Pencari Kerja Lewat Program Khusus

"Sampai sekarang tidak ada perubahan. Saya menilai bahkan sangat parah sekarang," kata Ketua RT 1 RW 2, Dusun Tunggorono, Karsono, Jumat 29 September 2023.

Tunggoron mengaku debu serbuk kayu yang berada di rumah warga di Gang I Dusun Tunggorono itu kian parah setiap harinya. Dua warga di RT nya bahkan dilaporkan mengungsi ke rumahnya yang ada di Desa Sengon. 

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

"Ya ada dua warga, yakni bapak sama anaknya. Sekarang mengungsi ke Sengon. Itu karena kebetulan dia mampu. Tapi bagi warga lain yang tidak mampu, ya tetap dirumah terdampak debu," ujar Karsono. 

Meski demikian, saat ini warga masih menunggu janji dari pihak pabrik untuk mengatasi masalah debu serbuk kayu tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title