Pemkot Batu Bebaskan Lahan Ekskavasi Situs Pendem

Ekskavasi situs Pendem.
Sumber :
  • Danang

Batu – Pengembangan ekskavasi situs Pendem di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo dipastikan terus berlanjut. Pasalnya Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu segera melakukan pembebasan lahan dalam waktu dekat.

Pertahankan Charles dan Julian, Arema FC Akan Maksimalkan Kuota 8 Pemain Asing

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu, Sintiche Agustina Pamungkas mengatakan proses pembebasan lahan sudah rampung, harga tanah untuk pembelian juga sudah disepakati.

"Harga lahan sudah disepakati, dari luasan 100 meter persegi harganya Rp179 juta. Saat rapat kesepakatan harga, kami didampingi oleh inspektorat, kejaksaan, bagian umum, kasun, dan RT/RW setempat," katanya, Selasa, 19 September 2023.

Gus Ipul Jamin Perlindungan Pekerja Migran di Pasuruan asal Tertib

Harga tersebut merupakan hasil dari tim appraisal yang menghitung lahan di sana permeter harganya Rp1,79 juta. Saat ini Disparta tengah melakukan proses administrasi sesuai dengan prosedur pelepasan lahan.

"Jika proses administrasi atau akte jual beli selesai, maka uang pembebasan lahan akan ditransfer langsung ke rekening ahli waris yang dikuasakan aras nama Bapak Sutrisno," tuturnya.

DPRD Berharap MCC Bisa Mandiri Tanpa Menyusu APBD

Setelah lahan Situs Pendem resmi dimiliki oleh Pemkot Batu, selanjutnya Disparta akan melakukan penataan dan kembali melakukan ekskavasi.

"Saat ekskavasi lanjutan kami bekerjasama dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Batu yang berjumlah lima orang dengan bantuan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jawa Timur," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title