Selamatkan Situs Purbakala, Disdikbud Jombang Mulai Ekskavasi Situs Watu Kucur

Situs Watu Kucur yang diekskavasi.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Di bawah kepemimpinan Pj Bupati Jombang Sugiat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang terus berkomitmen menyelamatkan situs cagar budaya. Salah satu wujud nyata adalah dilakukannya ekskavasi terhadap beberapa situs di Jombang.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Komitmen itu, diwujudkan dalam melakukan upaya penyelamatan situs cagar budaya dan potensi arkeologis dengan melakukan ekskavasi. Peninggalan purbakala yang diekskavasi adalah Situs Watu Kucur di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung.

"Saat ini kami sedang melakukan ekskavasi tahap kedua di Situs Watu Kucur selama 10 hari mulai 11 hingga 20 Oktober mendatang," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Senen kepada wartawan, Rabu 25 Oktober 2023.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Menurut dia, alasan dilakukannya ekskavasi tak lain adalah untuk menyelamatkan potensi arkeologis. Karena tidak dipungkiri, situs cagar budaya yang ada di Jombang menyimpan potensi arkeologis yang cukup besar.

"Untuk itu, kami bersama BPK Jawa Timur melakukan ekskavasi," katanya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Senen mengungkapkan, selain Situs Watukucur, disdikbud Jombang juga bakal melanjutkan ekskavasi Situs Mbah Blawu di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto. Saat ini, pihaknya telah melakukan kooordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang untuk melakukan pengangkatan limbah B3 di sekitar situs.

"Ya untuk ekskavasi Situs Mbah Blawu, saat ini kita masih koordinasi dengan DLH Jombang karena nanti akan diawali pengangkatan limbah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title