Warga Pastikan TPA Tlekung Ditutup Rabu Besok, Kota Batu Darurat Sampah

Audensi warga bersama Pemkot Batu bahas masalah sampah TPA Tlekung.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Enam tuntutan belum dipenuhi hingga waktu yang sudah disepakati, warga Desa Tlekung bakal tutup Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung mulai Rabu 30 Agustus 2023 besok. Hal itu disampaikan oleh Koordinator warga Tlekung, Samsul Arifin saat dikonfirmasi, Selasa 29 Agustus 2023.

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

Pasalnya sejak dilakukan protes pada 28 Juli 2023 bau sampah masih tercium cukup menyengat, terlebih masyarakat menilai belum ada pengelolaan sampah yang maksimal di TPA Tlekung.

"Jadi kita tutup karena tuntutan warga belum dipenuhi oleh Pemkot Batu. Terutama masalah bau sampah yang menganggu kenyamaman masyarakat setempat. Sehingga warga memastikan akan menutup TPA," katanya.

Ingin Bawa Indonesia U23 ke Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong Target Menang Lawan Uzbekistan U23

Warga Desa Tlekung juga sudah menyiapkan TPS3R di lahan sekitar TPA untuk digunakan sebagai operasional. TPS3R Desa Tlekung dibuat sendiri oleh warga menggunakan anggaran dari swadaya masyarakat dengan jumlah sekitar Rp30 juta.

"Anggaran tersebut dialokasikan masyarakat untuk membangun fasilitas dengan luas sekitar 25x20 meter persegi. Semoga nanti bisa dicontoh oleh desa atau kelurahan lain, salah satunya memaksimalkan TPS3R di masing-masing tempat agar tidak semua sampah masuk secara terus menerus ke TPA," tuturnya.

Polisi Bekuk Komplotan Pembobol Rumah di Malang

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam sebulan terakhir dalam memenuhi tuntutan warga.

"Mungkin banyak yang dianggap kurang oleh masyarakat, namun ketinggian sampah di TPA Tlekung yang awalnya 20 meter turun menjadi 5 meter per 26 Agustus kemarin, kami juga tengah melakukan uji lab air dan berharap pencemaran tidak sampai kebawah," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title