Puluhan Pelajar di Kota Batu Ikuti Lomba PMR tingkat SMP dan SMA

Lomba pertolongan pertama PMR yang diselenggarakan PMI Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Puluhan anggota Palang Merah Remaja (PMR) tingkat SMP dan SMA di Kota Batu mengikuti Lomba Pertolongan Pertama PMR tingkat madya dan wira di Markas PMI Kota Batu, Senin, 2 Oktober 2023.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Lomba tersebut merupakan rangkaian HUT PMI ke 78 yang diperingati pada 17 September serta Hari Jadi ke 22 Kota Batu. Total ada 10 sekolah tingkat SMA/MA/SMK dan 5 sekolah tingkat SMP/MTS yang mengikuti.

Kepala Markas PMI Kota Batu, Abdul Muntolib mengatakan jika lomba ini merupakan agenda tahunan PMI Kota Batu untuk meningkatkan SDM serta kaderisasi anggota.

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

"Tujuan diselenggarakan lomba pertama jadi ajang silaturahmi antar unit PMR di sekolah. Kedua mengukur kemampuan tiap unit agar mereka semakin faham materi pertolongan awal dan mempraktekannya," katanya

Para juara akan diumumkan pada 8 Oktober 2023 saat Gerak Jalan HUT PMI di Balai Kota Among Tani. Dalam lomba setiap sekolah/tim diwakili oleh 5 anggota. Untuk materinya bagaimana petugas saat tiba di lokasi kejadian, apa yang dilakukan awal, dan urutan penangganan sesuai prosedur tetap (Protap) petugas penolong.

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

"Lalu mereka harus menilai keadaan korban aman atau tidak, mengenalkan diri, izin tindakan, dan menghubungi bantuan misalnya kepolisian atau ambulance," tuturnya.

Setiap orang dalam tim memiliki tugas sendiri-sendiri. Mereka juga harus membuat catatan kronologis kejadian dan identitas korban serta lukanya.

Halaman Selanjutnya
img_title