Kelompok 695 MMD Universitas Brawijaya Latih Warga Tengger Bikin Donat Kentang

Pelatihan olahan donat kentang oleh Kelompok 695 MMD UB
Sumber :
  • Viva Malang

Pasuruan, VIVA – Kelompok 695 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya melatih ibu-ibu PKK di Desa Podokoyo, Tosari, Kabupaten Pasuran untuk membuat donat dari kentang. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Uniknya lagi kentang yang dibuat merupakan hasil bumi warga Tengger yang ditanam di sekitar Gunung Bromo. Pelatihan dilakukan di Balai Desa Podokoyo pada Minggu, 16 Juli 2023. 

Ketua Tim Hibah MMD Desa Podokoyo, Tri Mega Asri, mengatakan, bahwa program hibah pengabdian masyarakat strategis ini berjudul 'Perancangan dan Penerapan Marketing Branding Desa Wisata dan Produk Unggulan sebagai Bentuk Upaya Peningkatan Perekonomian Warga Desa Podokoyo'. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Sebanyak 20 ibu-ibu PKK dilatih untuk membuat olahan donat kentang di bawah arahan Purweni Widhianningrum. Tidak hanya sekedar membuat. Warga diajak berhitung modal awal hingga penentuan harga jual donat kentang. 

"Desa disini belum ada UMKM makanya kita sasar untuk pelatihan donat kentang. Apalagi potensi tanaman disini adalah kentang," kata Tri Mega Asri. 

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Supaya mereka punya usaha sendiri kita beri pelatihan. Lalu bagaimana cara dia membuat donat kentang dihitung mulai modal sampai keuntungan hingga harga penjualan. Materinya sampai kesitu," tambahnya. 

Salah satu warga Desa Podokoyo yang mengikuti pelatihan membuat donat kentang adalah Hartati. Dia merasa senang dan bangga karena mendapat ilmu baru dalam membuat kentang yang halus dan enak. 

Halaman Selanjutnya
img_title