Upaya Penyelundupan Narkoba di Lapas Kelas I Malang Kepergok Penjaga

Petugas Lapas Kelas I gagalkan penyelundupan narkoba
Petugas Lapas Kelas I gagalkan penyelundupan narkoba
Sumber :
  • Humas Lapas Kelas I Malang

Malang – Petugas penjaga Lapas Kelas I Malang menggagalkan upaya penyelundupan narkoba kepada warga binaan pemasyarakatan alias Narapidana. Aksi nekat ini kepergok penjaga Lapas Lowokwaru pada Selasa, 3 Januari 2023 petang kemarin.

Kabid Kemananan dan Ketertiban Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Supriyanto mebenarkan percobaan penyelundupan narkoba ini. Saat itu petugas memergoki pelaku yang mengambil kuda-kuda untuk melempar narkoba dari balik tembok luar Lapas sekitar pukul 18.00 WIB.

"Saat keliling melihat orang mencurigakan. Saat dilihat, ternyata mau melempar bungkus hitam. Jadi petugas memergokinya. Mungkin karena panik ada petugas, pelaku melempar secara asal dan akhirnya jatuh di rumput-rumput di luar pagar," kata Supriyanto, Rabu, 4 Januari 2023.

Saat dicek dan membongkar barang berbalut bungkusan warna hitam ditemukan ternyata narkoba. Petugas sendiri gagal menangkap pelaku pelemparan narkoba karena kabur dari lokasi. 

Setelah itu, Lapas Kelas I Malang melaporkan aksi penyelundupan narkoba itu ke Satresnarkoba Polresta Malang Kota. Di sisi lain mereka juga melakukan penyelidikan kepada napi yang akan menerima bungkusan narkoba ini.

"Pelaku langsung tancap gas kabur. Petugas yang tahu langsung mendekati tempat bungkus hitam yang jatuh di rumput tersebut," ujar Supriyanto. 

Sementara itu, Kasatresnarkoba Polresta Malang Kota, Kompol Dodi Pratama mengakui mereka telah menerima laporan dan pelimpahan barang bukti dari Lapas Kelas I Malang. Polisi kini sedang melakukan pendalaman atas aksi penyelundupan narkoba ini.