Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Gunung Panderman Untuk Peringati Kemerdekaan RI

Bendera merah putih berukuran raksasa di Gunung Panderman.
Sumber :
  • M Fadhli Husein

Batu, VIVA – Peringati Hari Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia, bendera merah putih berukuran raksasa 1.000 meter persegi kembali dibentangkan di Gunung Panderman sejak 16 Agustus hingga 18 Agustus.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Bendera yang memiliki panjang 40 meter dan lebar 25 meter dengan berat 25 kilogram tersebut dibentangkan oleh relawan dari Cansabalas Adventure Team Independent Community dan para pemuda di Kota Batu hingga Kota Malang.

Koordinator Pengibaran Bendera, Muchammad Fadhli Husein mengatakan dalam pemasangan bendera, awalnya para relawan secara bersama membopong bendera yang dibungkus oleh plastik terlebih dahulu.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Setelah sampai diketinggian 2.045 Mdpl baru bendera kita bentangkan di sana agar bisa terlihat oleh seluruh masyarakat. Kegiatan ini merupakan rutin tahunan yang kita lakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan," katanya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Harapannya bisa menanamkan jiwa nasionalisme. Bahkan saat turun mereka harus membawa turun sampah dan tidak meninggalkan jejak apapun yang bisa merusak alam.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Karena kami ingin menanamkan juga kesan moral yang didapatkan dalam ekspedisi ini, rasa nasionalismenya juga," tuturnya.

Tujuan membentangkan bendera di lereng gunung tentunya juga untuk menarik perhatian masyarakat agar bisa melihat bendera berkibar.

Halaman Selanjutnya
img_title