Sri Mulyani Tegaskan Pemulihan Ekonomi Terus Berlanjut

Sri Mulyani Tegaskan Pemulihan Ekonomi Terus Berlanjut
Sumber :
  • Biro KLI Kemenkeu

Malang – Sampai saat ini, pemerintah pusat maupun daerah terus berupaya untuk menggenjot pemulihan ekonomi nasional (PEN). Bahkan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani kembali menegaskan, perbaikan perekonomian masih terus berlanjut. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Hal ini ditopang dengan meningkatnya konsumsi, investasi, dan kinerja ekspor. Beberapa indikator dini pada Juni 2022 juga tercatat positif. Untuk indeks penjualan riil (IPR) tumbuh 15,4 persen secara year on year (yoy), diikuti oleh kinerja manufaktur.

"Kinerja manufaktur tetap positif tercermin dari PMI manufaktur yang masih ekspnasif dan bahkan mengalami penguatan di bulan Juli dari 50,2 pada Juni, ke 51,3 di Juli. Konsumsi listrik terutama untuk industri maupun bisnis juga tetap tumbuh positif," ujar perempuan yang akrab disapa Ani, Senin 1 Agustus 2022.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Selain itu, jelasnya, indeks keyakinan konsumen (IKK) meningkat ke level 128,2 dari Maret yang hanya di 110,0. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat optimis terhadap prospek pemilihan ekonomi. 

Adapun dari sisi kinerja pembayaran, masih akan terus kuat di tengah terjadinya tekanan arus modal keluar. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Transaksi berjalan pada kuartal II 2022 diproyeksikan mencatat surplus dan lebih tinggi dibandingkan capaian surplus pada kuartal I. Hal ini terutama didukung kenaikan surplus di neraca perdagangan," ujarnya.

Menurutnya, surplus itu didukung dari tingginya harga komoditas global. Diketahui, pada Juni 2022 terjadi surplus neraca perdagangan mencapai US$5,09 miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title