Tabloid Berisi Prestasi Anies Baswedan Viral Dibagikan di Masjid

Tabloit pencitraan Anies Baswedan beredar di Masjid Kota Malang
Tabloit pencitraan Anies Baswedan beredar di Masjid Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Tabloid berisi segudang prestasi dan opini tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebarkan di Kota Malang. Akun twitter @AkuAtikaFaya mengunggah tabloid itu pada Minggu, 18 September 2022. 

Hingga Senin, 19 September 2022 petang. Postinganya viral di retweet 782 kali, tweet kutipan sebanyak 229 kali dan 1.942 menyukai. 

"Kaget dirumah ada tabloid kek gini, isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana ditempat kalian ada juga kah," tulisnya. 

Setelah ditelusuri peristiwa itu terjadi di Masjid Al-Amin di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang. Pembagian itu diketahui terjadi pada Jumat, 16 September 2022 saat salat Jumat. 

Saat di lokasi, salah satu warga bernama Suroso membenarkan pembagian tabloid itu. Dia saat itu turut salat Jumat disana. Secara detail tidak ada yang membagikan. Tetapi tabloid itu ditaruh di atas kotak masjid, hampir mayoritas jemaah setelah salat mengambil dan membawa pulang tabloit. 

"Semua banyak yang mengambil. Itu juga ada yang dibagikan dari depan. Terus ada juga yang ditaruh di atas kotak masjid. Kalau saya habis mengambil langsung saya lipat," ujar Suroso, Senin, 19 September 2022.

Sementara, pemilik akun Twitter @AkunAtikaFaya melalui Direct Message (DM), juga mengatakan bahwa  hampir seluruh jemaah mendapatkan tabloid tersebut, kecuali anak-anak. Dia mendapat cerita itu dari suaminya yang saat itu salat disana. 

"Kata suami jumlah tabloid hampir semua jamaah dapat, kecuali anak-anak gak dikasih. Iya ngambil beberapa eksemplar tabloid dari tempat khotbah, terus dibagikan ke jamaah pulang salat Jumat. Gitu saja. Tidak ada anjuran atau ajakan apa-apa. Khotbah juga biasa gak ada pembahasan itu," tuturnya. 

Sementara itu, dalam tabloid itu terlihat jelas gambar Anies Baswedan dengan judul "Mengapa Harus Anies?" pada bagian cover tabloid. Lalu beranjak pada halaman dari redaksi tertulis judul "Antara ARB dan ABW, 'Anies' sajalah". 

Kemudian di halaman utama tertulis sejumlah rekor sejumlah penghargaan untuk DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies. Serta deretan prestasi Anies mulai 2018 hingga 2022 ini.