Keluarga Pendiri NU Dukung Cak Imin Karena Bacawapres Asli Nahdliyin

Kiai Haji Hasib Wahab Hasbullah,
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Anak salah satu pendiri Nahdatul Ulama yakni Kiai Haji Hasib Wahab Hasbullah menyebut, majunya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) berpasangan dengan Anies Rasyid Baswedan sudah mewakili suara warga Nahdliyin.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Putra dari Kiai Haji Wahab Hasbullah, ini mengatakan bahwa dari 3 bakal calon presiden baru Anies Baswedan yang menggandeng warga Nahdliyin dengan mengajak Cak Imij sebagai Bacawapresnya. 

Pengasuh pondok pesantren (Ponpes) Hasbullah, yayasan Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang ini menilai, pada saat ini pemerintahan Presiden Joko Widodo bisa sukses dalam melakukan pembangunan, karena ada sosok Wakil Presiden Kiai Haji Ma'ruf Amin yang merupakan warga Nahdliyin.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

"Secara ideal biar ada estafet di negara ini, memang dibutuhkan sosok dari unsur agamis, yang betul-betul mewakili dari mayoritas umat Islam. Adapun kalau masuk di istana, jadi Capres, atau Cawapres itu saya pikir, tidak harus NU, tapi kalau bisa orang NU," kata Gus Hasib, Senin, 11 September 2023.

Ia mengaku kalau secara langsung mewakili dari PBNU memanglah tidak mungkin. Mengingat pengurus PBNU di Pilpres 2024 ini, bersifat netral. Namun, jika ada figur warga Nahdliyin maka hal itu tak lain adalah Cak Imin.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

"Kalau mewakili secara resmi dari PBNU memang gak ada, karena PBNU khitoh, artinya masih tetap berpegang sebagai jam'iyah sebagai organisasi, ormas dan sekaligus organisasi keagamaan," ujar Gus Hasib. 

"Tetapi kalau seandainya ada warga NU atau orang NU, maju ke capres atau cawapres tentu kalau bisa kita mendukung," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title