Keren, Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Jadi Anggota Parlemen Remaja

Santri Ponpes Tambakberas, jadi anggota parlemen remaja
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Muhammad Rivaldi Ka'bah (17 tahun) santri asal Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi anggota parlemen remaja 2023.

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Ia terpilih menjadi anggota parlemen remaja mewakili daerah pemilihan (dapil) 8, yang meliputi wilayah Kabupaten Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, serta Kota Madiun dan Kota Mojokerto.

Dari 9.996 pelajar seluruh Indonesia yang mendaftar jadi anggota parlemen remaja, yang diadakan Sekretariat Jenderal DPR RI itu, hanya diambil 134 orang. Dan setiap pelajar tersebut mewakili masing-masing dapil yang ada di Indonesia.

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

Ditemui di ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Muhammad Rivaldi Ka'bah, mengaku mengikuti parlemen remaja itu, lantaran ia memiliki gagasan untuk membuat kelompok remaja yang melek hukum.

"Jadi memang saya agak tertarik dengan hukum, dan politik, di kehidupan sehari-hari, baik di media sosial atau di koran. Dan karena itulah saya tertarik untuk mengikuti ajang parlemen remaja," kata Rivaldi, Jum'at 25 Agustus 2023.

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

Usai memiliki ketertarikan pada ajang parlemen remaja itu, ia selanjutnya mengurus segala keperluan administrasi syarat ajang tahunan tersebut.

"Setelah itu saya lengkapi CV, dan setelah proses administrasi serta CV saya lengkap, selanjutnya saya mulai mengerjakan esai, dan membuat video pendek yang saya angkat dari esai saya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title