Usai Dipantau KPK, Anggaran Revitalisasi Alun Alun Tugu Kota Malang Turun

Pagar tembok Alun-alun Tugu, Kota Malang bakal dibongkar
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Progres revitalisasi Alun-alun Tugu Kota Malang belum tampak. Padahal, rencana awal revitalisasi dilakukan mulai Maret 2023. Namun, proyek ini ternyata berjalan molor. 

Viral Terlanjur Beli Tiket Mafest Vol 3, Tapi Konser Tidak Jadi Digelar

Saat ini, revitalisasi Alun-alun Tugu masuk dalam proyek berbasis Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada sejumlah penyesuian, salah satunya soal nilai anggaran pelaksanaan revitalisasi. 

"Proyek yang berbasis MCP (Monitoring Center for Prevention) KPK tersebut butuh prosedur prosedur penanganan dan pelaksanaan, termasuk didalamnya adalah review harga dengan harga perencanaan serta dengan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) pelaksanaan," kata Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya, Rabu, 7 Juni 2023.

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Terjadi perubahan nilai anggaran revitisasi. Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) melakukan revisi dari sekitar Rp6,9 miliar plus Rp100 juta biaya supervisi kini menjadi Rp6,6 miliar. Anggaran menggunakan dana APBD Kota Malang.

"Anggarannya awalnya Rp6,9 miliar, karena yang Rp100 juta untuk biaya supervisi. Namun hasil dari MCP kemarin terhadap review harga yang dikeluarkan oleh APIP menjadi Rp6,6 miliar," ujar Rahman.

Serambi MyPertamina Primadona Layanan Bagi Pemudik di Jatim

Rahman mengatakan, proyek revitalisasi Alun Alun Tugu Kota Malang sudah melalui proses mekanisme lelang beberapa waktu lalu. Tetapi peserta lelang juga melakukan sanggah banding dalam proyek itu. 

"Berkaitan dengan itu hal hal lain yang juga mengacu pada kegiatan awal yang ada di DLH itu juga akhirnya akan kami perbaiki. Khusus untuk masalah harga harga penyesuaian terhadap hasil review. Jadi berbasis itu semua, akhirnya semua mekanisme prosesnya berjalan agak sedikit terhambat," tuturnya.