Tahun Ini, Petani Tembakau dan Pekerja Rentan di Jombang Terima Bantuan dari DBHCHT

Setdakab Jombang Agus Purnomo saat memimpin apel
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Jombang Jawa Timur, menyalurkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) 2024, untuk memberikan bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan terhadap petani tembakau dan pekerja rentan.

Perumdam Tirta Kencana Beri Diskon Untuk HUT ke 144 Pemkab Jombang

Pemberian bantuan ini sesuai dengan Perbup nomor 38 tahun 2024 tentang penggunaan DBHCHT untuk bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Setdakab Jombang, Agus Purnomo, menyampaikan Bantuan yang akan diterima berupa pembayaran premi setiap bulan, selama enam bulan berturut-turut.

Korban Petasan di Acara Jombang Fest, Pemkab Jamin Biaya Pengobatan

"Tetapi ada syarat bagi keduanya untuk mendapatkan bantuan ini. Termasuk mengelola lahan pertanian tembakau di daerah yang berusia kurang dari 65 tahun. Serta belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian penduduk daerah yang dimaksud dibuktikan dengan E-KTP," kata Agus, Selasa 22 Oktober 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Jombang, Isawan Nanang Risdiyanto, mengatakan bahwa kini total ada 13.250 orang yang menerima bantuan tersebut.

Pemkab Jombang Anggarkan Pengadaan Peralatan TIK untuk SD di P-APBD 2024

"Rinciannya 9.709 petani tembakau dan 3.541 pekerja rentan di daerah penghasil tembakau. Total anggaran yang dialokasikan Rp222.600.000 per bulan selama enam bulan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sedikitnya ada dua premi yang akan dibayarkan. Pembayaran iuran jaminan kecelakaan kerja (JKK) sebesar Rp10 ribu dan pembayaran iuran jaminan kematian (JKM) sebesar Rp6.800.

Halaman Selanjutnya
img_title