Sampah Festival Bantengan Nuswantoro Capai 25 Ton

Pembersihan sampah pasca kegiatan Bantengan Nuswantoro
Sumber :
  • VIVA Malang - (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mengangkut kurang lebih 25 ton sampah usai acara Bantengan Nuswantoro yang berlangsung pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Hadapi Potensi Bencana, Relawan Malang Raya Gelar Pelatihan SAR

Bantengan Nuswantoro sendiri merupakan salah satu acara budaya tahunan yang selalu dinantikan oleh masyarakat Kota Batu. Meski membawa dampak positif dalam aspek budaya dan pariwisata, acara ini juga menyisakan tantangan dalam hal pengelolaan sampah

Bersih-bersih sampah yang berada di sekitar Jalan Agus Salim hingga Jalan Panglima Sudirman atau rute acara dimulai pada pukul 23.30 WIB Minggu kemarin hingga pukul 7.00 WIB, Senin 5 Agustus 2024.

Kesejahteraan Pendidik, Salah Satu Komitmen Cak Nur-Mas Heli

Penumpukan sampah ini terjadi karena membludaknya penonton di jalur yang dilewati acara bantengan serta bekas para Pedagang Kali Lima (PKL).

Kabid Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Batu, Vardian Budi Santoso mengatakan untuk melalukan pembersihan total ada 50 petugas yang dikerahkan untuk menangani volume sampah.

Kader Solid, Jurus Jitu PKS Menangkan Paslon Guru Bersama Koalisi Sejuk di Kota Batu

"Selain itu kami juga mengerahkan dua dump truk, satu unit amrol, dan satu mobil ravo. Dengan sinergi yang kuat antar petugas dan alat berat, proses pengangkutan dan pembersihan sampah dapat dilakukan dengan baik," katanya.

Sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diolah menggunakan mesin incinerator melalui proses pembakaran. 

Halaman Selanjutnya
img_title