Begini Keseruan Tradisi Wiwit Kopi di Kampung Adat Wonosalam Jombang

Tradisi wiwit kopi di Kampung Adat Wonosalam
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Aprianto-Jombang)

Jombang, VIVA – Memasuki masa panen raya kopi, warga di lereng Gunung Anjasmoro, tepatnya di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memiliki tradisi yang unik.

Gandeng Pelajar SMA, Puskemas Plandaan Jombang Gelar Aksi Bergizi 

Tradisi ini dinamakan warga setempat dengan istilah 'Wiwit Kopi'. Warga yang didominasi petani kopi ini melangsungkan ritus tradisi ini sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas melimpahnya hasil panen perkebunan mereka.

Seperti apa keseruan tradisi ini? Beginilah kesakralan tradisi wiwit kopi yang dilakukan warga Kampung Adat Wonosalam Jombang.

Dua Pasangan Cabup Cawabup Jombang, Lengkapi Berkas Syarat Administrasi di KPU

Sore itu, pada Sabtu 27 Juli 2024 sore, para tokoh masyarakat atau sesepuh Desa mulai berkumpul di salah satu petak perkebunan kopi yang akan dipanen.

Terdapat sebuah tungku berisi arang dan dupa. Selain itu ada kembang tujuh rupa dilengkapi dengan berbagai sesajen. Mulai bubur ketan hingga jajanan tradisional.

Tabrak Truk Parkir Di Jombang, 2 Pengendara Motor GL Tewas

Kemudian, salah satu sesepuh kampung adat, memimpin doa, sembari menabur kemenyan di atas tungku arang. Kemudian sesepuh kampung adat ini memetik beberapa kopi.

Kopi yang dipetik sesepuh kampung adat ini, selanjutnya ditaruh di atas gunungan hasil bumi, untuk diarak keliling kampung.

Halaman Selanjutnya
img_title