Retribusi Parkir di Kota Batu Tak Pernah Tembus Target, Pj Wali Kota : Laporannya Tidak Benar

Sosialisasi Dishub Batu terkait retribusi parkir tepi jalan
Sumber :
  • VIVA Malang - (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Penghasilan retribusi parkir tepi jalan di Kota Batu, Jawa Timur tak sebanding dengan kendaraan yang masuk. Hal itu membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) tak pernah tembus target setiap tahunnya.

Joel Cornelli Langsung Inventarisir Kebutuhan Skuat Arema FC

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat membuka sosialisasi Penindakan Terhadap Pelanggaran Hukum Parkir di Tepi Jalan Umum yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu di pada Rabu, 26 Juni 2024.

"Setiap tahun penghasilan dari retribusi parkir tepi jalan di Kota Batu tidak pernah seimbang dengan jumlah kendaraan yang masuk dan selalu gagal mencapai target yang ditetapkan," katanya.

Pegawai Konsultan Pajak di Malang Terancam Dibui Karena Diduga Gelapkan Pajak Hingga Rp1,8 M

Seharusnya, ungkap Aries, Dishub Kota Batu secara intens melakukan sosialisasi dengan pendekatan-pendekatan konvensional yang bisa menghasilkan pendapatan bagi Kota Batu dan juga juru parkir (jukir).

"Jadi ada keseimbangan. Salah satu alasan ketidakseimbangan disebabkan oleh oknum jukir yang tidak jujur. Misalnya, Dishub memberikan satu bendel karcis tapi tidak habis, padahal banyak kendaraan yang parkir. Sehingga ada sesuatu yang terlewat atau ada yang tidak dilaporkan secara benar. Mungkin tidak memberikan karcis kepada pengendara," tuturnya.

Pj Wali Kota Batu : Kejurkot Basket Ball VI 2024 Ajang Lahirkan Atlet Berbakat

Tentu jika dilakukan dengan benar sesuai laporan pengamatan, pendapatan yang diharapkan akan tercapai dan bisa memenuhi target. Upaya lain dalam pemenuhan target PAD, Pemkot Batu berencana menggandeng pihak ketiga yang sudah berpengalaman mengelola parkir di daerah lain.

"Tapi kita masih menghormati para jukir supaya bisa menghidupi mereka. Makanya para jukir harus memahami tanggung jawab mereka dan melakukan tugas dengan benar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title