Pastikan Layak Konsumsi, Pemkot Batu Cek Kesehatan Hewan Kurban

Pj Wali Kota Batu saat memantau hewan kurban
Sumber :
  • Prokopim KWB

Batu, VIVA – Menjelang Idul Adha 1445 Hijriah, Pemkot Batu melakukan cek kesehatan hewan kurban ke sejumlah pedagang di Kota Batu, Selasa 11 Juni 2024. Ini untuk memastikan hewan kurban aman dan layak konsumsi.

Jelang HUT ke 23, Kota Batu Dapat Penghargaan Desa Cantik

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berkeliling didampingi tim medis dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu di sekitaran jalan Kota Batu.

"Cek kesehatan bertujuan untuk memastikan hewan kurban ini layak dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. Jadi hewan yang sudah melalui cek kesehatan kita beri label," katanya. 

Perkuat Pelayanan, Komitmen Satlantas Polres Batu Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara

Label tersebut menandakan jika hewan baik itu kambing atau sapi tersebut sudah layak dikonsumsi dan sesuai standar yang ditentukan sesuai syariat Islam. 

Selain itu tujuan cek kesehatan untuk mencegah penyakit-penyakit yang menular pada hewan seperti PMK dan sebagainya.

Viral Pedagang Pasar Induk Among Tani Halau Air Akibat Bocor, Ini Penjelasan Diskumdag

''Nah ini yang kita harap ada proteksi, sebab hewan kurban yang diperjualbelikan tidak mungkin berasal dari Kota Batu saja, pasti ada yang dari daerah luar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Kota Batu, Heru Yulianto mengatakan dalam cek kesehatan kendala yang dihadapi yaitu kurangnya personil, pasalnya dokter hewan di DPKP hanya 5 orang.

Halaman Selanjutnya
img_title