Antisipasi Kecelakaan Kapolda Jatim Siapkan Skema Khusus di KM 49 Tol Ngawi

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto di Polresta Malang Kota
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVAKapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto memastikan semua jajarannya siap menyambut musim mudik lebaran atau Idul Fitri 2024. Titik-titik kerawanan sudah dipetakan dengan baik di seluruh wilayah Jawa Timur. 

Tunjang Sport Tourism, Pemkot Batu Pastikan Pembangunan Track BMX pada Awal 2025

Imam mengklaim bahwa di wilayahnya secara garis besar tidak masuk prioritas wilayah rawan kecelakaan. Tetapi mereka tetap melakukan pemetaan. Satu daerah yang menjadi perhatian khusus adalah kilometer 49 di tol Ngawi. 

"Kita sudah petakan kerawanan-kerawanan. Alhamdulillah Jawa Timur ini tidak menjadi perhatian yang prioritas, karena jalurnya semuanya oke. Hanya satu di tol Ngawi KM 49 sekian, itu sering terjadi kecelakaan dan kita sudah ambil langkah," kata Imam di Mapolresta Malang Kota

Sinyal Koalisi Menguat, Ketua Gerindra Kabupaten Pasuruan Mendaftar Bacabup Ke PDIP

Tindakan yang akan dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polri di KM 49 Tol Ngawi yakni dengan menempatkan petugas di area rawan. Sebab, analisa Polri banyak pemudik dari arah Jakarta yang merasa sudah dekat dengan Surabaya saat sudah masuk Ngawi yang merupakan salah satu pintu gerbang Jatim. Sehingga banyak pemudik yang melaju begitu kencang. 

"Nanti akan kita taruh petugas di jalan tol itu, saudara-saudara kita yang dari arah barat sudah masuk titik lelah di situ. Karena menganggap Surabaya itu sudah dekat, lalu gaspol," ujar Imam. 

Arema FC Bersyukur Tidak Jadi Terlempar Dari Liga 1

Antisipasi lainnya, petugas Satlantas akan memaksa pemudik untuk berhenti di rest area sekitar KM 49 Tol Ngawi. Disitu pemudik diminta istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur. 

"Jadi besok akan dipaksa untuk masuk rest area, orang berhenti sebentar 5 menit kemudian melanjutkan perjalanan lagi ke arah timur," tutur Imam.

Halaman Selanjutnya
img_title