Tanah Gerak di Kota Batu Bikin 10 Rumah Rusak hingga Jalan Ambles

Kerusakan bangunan akibat tanah gerak di Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Peristiwa tanah gerak akibat hujan deras dilaporkan terjadi di RT 1 RW 10, Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Akibat kejadian tersebut dilaporkan 10 rumah warga mengalami tembok retak kisaran 10 sampai 18 centimeter. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Lalu, satu sekolah yaitu SD, SMP Satu Atap juga ikut terdampak dan mengalami keretakan bangunan. Tak hanya itu, beberapa area lahan persawahan juga dilaporkan mengalami keretakan. Bahkan, jalan aspal di sekitar wilayah tersebut ambles 20 hingga 30 centimeter.

Kalaksa BPBD Kota Batu, Agung Sedayu membenarkan hal tersebut. Menurutnya kejadian tanah gerak terjadi pada Kamis 14 Maret 2024 kemarin. Tapi laporan baru masuk hari ini sekitar jam 13.00 WIB. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Sekarang petugas langsung mendatangi lokasi untuk melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Untuk jalan aspal yang retak kita lakukan penutupan sementara menggunakan semen agar retakan tidak melebar," kata Agung, Sabtu, 16 Maret 2024.

BPBD juga mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait kejadian tersebut antara lain relokasi area atau bangunan yang terdampak, alih fungsi kawasan menjadi daerah konservasi tangkapan air. Selain itu kami juga melakukan rekayasa teknis penguatan struktur tanah guna pemanfaatan kawasan dengan pelibatan penelitian civitas akademi.

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Dugaan kuat tanah gerak terjadi karena kondisi tanah yang labil akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya gerakan tanah," tuturnya.