Asosiasi Desa di Kota Batu Gelar Haul Mbah Mbatu, Begini Tujuannya

Para kepala desa mengarak tumpeng menuju Makam Mbah Mbatu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – 19 kepala desa di Kota Batu berkumpul di Kompleks Makam Mbah Mbatu yang berada di Dusun Banaran, Desa Bumiaji untuk menggelar Haul mulai 27 hingga 28 Januari 2024.

Pj Wali Kota Batu Berikan Uang Pembinaan dan Penghargaan pada Pandu, Juara Downhill Asian

Nampak para kepala desa mengarak tumpeng menuju area makam kemudian memanjatkan doa-doa dan ritual adat sebagai wujud syukur serta memohon keselamatan kepada Tuhan.

Hal itu dilakukan karena dalam kepercayaan masyarakat Jawa Islam, para leluhur mendapat tempat di hati masyarakat. Apalagi Mbah Mbatu merupakan tokoh yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam di Kota Batu.

Datangi 2 Tempat Ekraf, Pj Wali Kota Batu Optimistis Potensi Pariwisata Terus Berkembang

Koordinator acara Edy Suyanto mengatakan dalam dua hari acara diisi dengan Selamatan sesuai adat-adat Jawa Islam serta hajatan. Kemudian penutup acara diisi pengajian akbar.

"Mbah Mbatu merupakan tokoh penting berdirinya Kota Batu. Alasan kami menggelar Haul agar bisa menjadi pengingat masyarakat maupun generasi muda asal muasal Kota Batu dari Dusun Banaran ini," kata Kepala Desa Bumiaji ini, Minggu, 28 Januari 2024.

Kepala Korban Belum Ditemukan, Polisi Masih Sterilisasi Sumber Ledakan Bom Ikan Bondet di Pasuruan

Sementara itu, Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan mengatakan memang seharusnya warga Kota Batu tidak melupakan jasa besar Mbah Mbatu.

"Berkat jasa-jasa leluhur kita bisa merasakan hari ini. Semoga dari Haul ini semua masyarakat Kota Batu selalu diberi keberkahan dalam segala hal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title