Terkendala Sistem Kesehatan, 1440 CJH Jombang Belum Bisa Pelunasan Biaya Haji

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Ribuan calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tidak bisa melakukan pelunasan biaya haji sebesar Rp60.526.334. Hal ini dikarenakan adanya kendala sistem kesehatan.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir menjelaskan, CJH asal Jombang yang akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji totalnya ada sekitar 1.4440 CJH.

"Insya Allah untuk tahun 2024, total jemaah haji untuk kabupaten Jombang ada 1.440, rinciannya jemaah yang urut porsi (reguler) ada 1.084, kemudian jamaah haji kuota lansia itu ada 39 jamaah, dan kuota cadangan ada 317, jadi total ada 1.4450 jemaah," kata Muhajir, Rabu 17 Januari 2024.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Untuk saat ini, para jamaah sedang melakukan proses, pelunasan biaya haji tahap pertama. Namun, hingga hari ini belum ada satupun jamaah haji yang melakukan pelunasan.

"Sesungguhnya sudah memasuki tahap pelunasan biaya tahap pertama, cuman sampai hari ini, jamaah haji di Kabupaten Jombang, belum bisa melunasi karena ada kendala di istitha'ah kesehatan (kemampuan jamaah haji dari segi kesehatan)," ujarnya.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Jadi saat jemaah haji sudah datang ke bank, untuk melunasi tetapi istitha'ah kesehatannya belum terinput, jadi mereka belum bisa melunasi, ya ada kendala sistem di istitha'ahnya," tuturnya.

Untuk itu, hingga kini belum ada CJH yang melakukan pelunasan. Meski batas waktu pelunasan biaya haji tahap pertama ini masih akan berakhir di 12 Februari nanti.

Halaman Selanjutnya
img_title