Tertarik Jadi Petugas Haji 2024? Kemenag Buka Seleksi PPIH Arab Saudi, Simak Syarat dan Jadwalnya

Pendaftaran seleksi PPIH Arab Saudi Kemenag.
Sumber :
  • Dok. Kemenag RI

Malang, VIVA – Kementerian Agama (Kemenag) RI akan membuka pendaftaran seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atau petugas haji 2024 tingkat pusat.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie, menyampaikan pendaftaran seleksi petugas haji 2024 ini akan dibuka mulai tanggal 11 sampai dengan 19 Januari 2024 melalui Aplikasi Pusaka Kemenag.

”Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi,” kata Anna dalam keterangannya di Jeddah, Arab Saudi, dikutip dari laman resmi Kemenag pada Senin, 8 Januari 2024.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Anna menjelaskan, seleksi petugas haji 2024 akan dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) dan Wawancara. Soal CAT terkait dengan wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, serta tugas dan fungsi layanan.

Sedangkan untuk wawancara, kata dia, akan menggali tentang kemampuan baca tulis Al-Quran, pendalaman tugas dan fungsi petugas haji, problem solving, integritas, serta pemahaman keagamaan yang moderat dan kepemimpinan.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

”Untuk CAT dan wawancara akan dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede pada tanggal 25 Januari 2024. Hasil seleksi akan diumumkan melalui akun masing-masing peserta pada 29 Januari 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Arsad Hidayat menjelaskan bahwa ada empat formasi pada seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Halaman Selanjutnya
img_title