Pemkot Batu Targetkan 1001 Sertifikasi Halal

Produk UMKM yang membutuhkan sertifikasi halal.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu targetkan 1001 sertifikasi halal bagi para pelaku usaha khususnya produk Olahan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Itu sesuai arahan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia menargetkan 10 juta produk bisa mengantongi sertifikat halal pada 17 Oktober 2024 mendatang.

Hal ini sebagai bentuk upaya menjadikan Indonesia sebagai produsen halal nomor satu dunia, sebagaimana UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang diubah menjadi UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja mewajibkan bersertifikasi halal.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Kepala Diskoperindag Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan saat ini pihaknya bekerjasama dengan Kemenag, MUI, UB dan Unisma untuk mensukseskan program tersebut.

"Untuk kuota mencanangkan program gerakan 1001 sertifikat halal secara gratis. Harapan saya semua pelaku UMKM di Kota Batu segera mendaftarkan ke Diskoperindag Kota Batu. Pendaftaran juga akan dibuka di Pasar Induk Among Tani Kota Batu," Senin, 26 Februari 2024.

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

Kemudian persyaratan Aries menjamin cukup mudah. Pelaku harus mempunyai data kepemilikan produk, nama, lokasi dan NIB. Kalau tidak NIB, pelaku usaha bisa langsung mendaftarkan kantor kami ataupun di PLUT Kota Batu. 

"Sekarang kuota pendaftar telah memenuhi target, pihaknya masih akan tetap menerima. Pasalnya pemerintah menargetkan sebanyak-banyaknya produk UMKM tersertifikasi halal," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title