Rajut Persatuan Pasca-Pemilu 2024, Kemenag Gelar PeaceSantren di PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Kemenag gelar kegiatan PeaceSantren di Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang/Elok Apriyanto

Jombang, VIVA – Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar kegiatan PeaceSantren yang kedua di Pondok Pesantren (PP) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Jawa Timur, pada Rabu sore, 20 Maret 2024.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Dalam kegiatan yang digelar di lapangan Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang tersebut, Kemenag menggandeng dua band ternama Indonesia, yakni Padi Reborn dan Gigi, untuk menghibur para santri dan masyarakat di Jombang.

Dirjen Pendis Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani mengungkapkan bahwa digelarnya kegiatan PeaceSantren ini bertujuan untuk merajut persatuan di Indonesia pasca Pemilu 2024, khususnya di kalangan Pondok Pesantren.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

"Pesantren kita minta kembali mengokohkan persatuan sebagai salah satu pilar utama untuk membangun peradaban bangsa. Tidak hanya melalui pemberdayaan masyarakat, tetapi menyebar nilai-nilai perdamaian," katanya.

Selain itu, melalui kegiatan PeaceSantren ini, dia mengatakan Kemenag juga ingin mendengar pesan perdamaian dari para pengasuh pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di Jombang.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

"Hari ini kita ingin mendengar apa pesan damai dari pesantren, seperti Gus Aam (KH. M. Sholahul’am Notobuwono, Katib Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang)," ujarnya.

Dia menyebutkan, kegiatan PeaceSantren ini rencananya digelar di 5 pesantren di Indonesia selama Ramadan 1445 H. Pada kegiatan yang pertama, PeaceSantren telah digelar di Pondok Pesantren Az Ziyadah, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
img_title