Anggap Jalan Tol Gempol-Pandaan Menyerobot Tanah Masjid, Warga Kesemi Pasuruan Unjuk Rasa

Demo warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Mengangap pembangunan Jalan Tol Gempol-Pandaan, Pasuruan telah menyerobot tanah wakaf masjid Al-Ikhlas Dusun Kesemi, Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Masyarakat setempat beserta takmir masjid melakukan unjuk rasa, Kamis, 30 November 2023. 

Keseruan Hajatan Andum 2.024 Durian Wonosalam, Warga Jombang Berebut hingga Luka-luka

Aksi tersebut terpaksa dilakukan oleh masyarakat setempat karena tidak ada kejelasan perihal ganti rugi sejak tahun 2016 silam sampai di penghujung tahun 2023 ini.

Wahyu Trianto salah satu anggota Nadzir Masjid Al-Ikhlas Kesemi dan sekaligus keluarga wakif, menerangkan awal mula tanah keluarganya diwakafkan untuk pembangunan masjid berbentuk persegi. Namun setelah pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan selesai, sertifikat tanah masjid yang keluar telah berubah, atau ada tanah yang teriris alias diserobot.

Soal Kasus Penganiayaan Siswa di Kota Malang, Disdikbud Bakal Bina Kepala Sekolah dan Guru

"Yang kita tanyakan saat ini, tanah masjid kami ini teriris oleh jalan Tol Gempol-Pandaan. Sampai sekarang tidak ada istilah tanah masjid ini dijual, tidak ada, misalnya sudah dimiliki jalan tol pembayaran kemana kita tidak tahu," kata Wahyu Trianto. 

Dalam jalannya aksi damai itu, puluhan masyarakat membentangkan spanduk besar berisikan permintaan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, untuk memberikan perhatiannya dalam penyelesaian persoalan tersebut yang berlarut tidak terselesaikan.

Ini Legislator yang Akan Menduduki Kursi DPRD Kabupaten Pasuruan Hasil Rekap KPU

"Kami meminta Bapak Presiden, tolong bantu kami untuk menyelesaikan permasalahan tanah masjid kami dengan PT Jasa Marga Persero," ujarnya.

Sementara itu, Sukirno selaku Kepala Wilayah Dusun Kesemi, Desa Gununggangsir, menerangkan jika sekitar tahun 2000 silam, masyarakat membutuhkan masjid yang memadai, mengusahakan pembangunan masjid di tanah wakaf tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title