Harga Cabai di Jombang Kian Meroket, Warga Mulai Beralih Beli Cabai Busuk

Pedagang cabai rawit di pasar tradisional Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Dalam sepekan terakhir harga cabai di sejumlah daerah terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Awas Begal Payudara Hantui Kota Batu

Seperti yang terjadi di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Harga cabai saat ini meroket hingga tembus angka Rp85 ribu per kilogramnya.

Naiknya harga cabai itu, membuat warga setempat beralih membeli cabai rawit merah yang berkualitas buruk. Lantaran harganya jauh lebih murah yakni Rp64 ribu per kilogramnya.

CJH di Jombang Ikuti Manasik Masal, 1 Jemaah Gagal Berangkat Karena Wafat

Alfiatus Zahro (30 tahun) salah satu pembeli cabe rawit merah di Pasar Legi Jombang, mengatakan, bahwa ia sengaja membeli cabai rawit merah kualitas buruk, untuk berhemat. Daripada harus membeli cabe rawit merah yang kualitasnya baik.

"Ya karena mahal mas, ya biar agak ngirit gitu loh beli yang kayak gini. Ini tadi beli Rp10 ribu dapat satu ons. Kalau beli cabai yang kayak gini harganya lebih murah. Kalau cabai yang biasa itu sekarang Rp80 ribu an," kata Zahro, Senin 30 Oktober 2023.

Tukang Parkir di Jombang Naik Haji Tahun Ini Karena Rajin Menabung

Ia pun berharap agar kondisi ini segera berakhir. Dan harga cabe kembali normal seperti biasanya. "Ya mengeluh, karena mahal. Harapannya ya pingin diturunkan harganya gitu," ujarnya.

Sementara itu, Mujiati (49 tahun) pedagang cabai rawit merah di pasar legi, membenarkan adanya kenaikan harga cabai rawit merah hingga Rp85 ribu per kilogramnya. Kenaikan ini terjadi dalam waktu sepekan.

Halaman Selanjutnya
img_title