Senangnya Ratusan Warga Terdampak Kekeringan di Jombang Terima 14 Ribu Liter Air Bersih

Droping Air Bersih di Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sedikitnya ada 300 jiwa dari 115 Kepala Keluarga (KK) penduduk Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendapat kiriman air bersih akibat terdampak kekeringan. Droping air dilakukan oleh Satlantas Polres Jombang pada Kamis 26 Oktober 2023, sore. 

Perhatikan 5 Hal Ini, Panduan Sebelum Membeli TV OLED

Warga pun sedikit tersenyum karena menerima kiriman 14.000 liter air bersih, untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup mereka. Ditengah kondisi krisis air sejak awal Oktober karena dampak kemarau panjang dan panas ekstrem. 

Bantuan ini dilakukan dengan membawa 2 truk tangki air. Masing-masing truk tangki berisi 7.000 liter air. Pengiriman air bersih ke Dusun Tondowesi cukup berat. Petugas harus menempuh jarak 30 kilometer dari pusat kota Jombang dengan melewati hutan jati di perbukitan gersang. 

Pj Wali Kota Batu Berikan Uang Pembinaan dan Penghargaan pada Pandu, Juara Downhill Asian

Jarak tempuh dari Jombang menuju Dusun Tondowesi tersebut memakan waktu 1,5 jam perjalanan. Setibanya di lokasi, warga langsung menyerbu 2 truk tangki air. 

Warga yang datang meletakan timba plastik dan jerigen di samping truk tangki untuk diisi air. Sejumlah petugas juga terlihat membantu membawakan jerigen yang sudah terisi air menuju rumah-rumah warga.

Datangi 2 Tempat Ekraf, Pj Wali Kota Batu Optimistis Potensi Pariwisata Terus Berkembang

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Nur Arifin menjelaskan, kegiatan droping air bersih tersebut, merupakan respon atas adanya kekeringan yang dialami oleh warga Dusun Tondowesi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program Cemerlang Bapak Kapolres Jombang. Kita menindaklanjuti fenomenan kekeringan di wilayah Jombang untuk memberikan bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan," kata Arifin. 

Halaman Selanjutnya
img_title