Kebakaran Kian Meluas, Seluruh Akses Menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ditutup Total

Akses menuju Gunung Bromo ditutup portal
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memilih langkah taktis dalam mengendalikan kebakaran di kawasan Gunung Bromo. Usai menutup akses wisata Gunung Bromo secara total, kini aemua akses menuju Taman Nasional juga ditutup total. 

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

"Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka seluruh akses menuju dan atau melintas melalui Taman Nasional Ditutup secara total. Penutupan diberlakukan sejak Minggu 10 September 2023 mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan," kata Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani

Septi mengatakan, penutupan akses diberlakukan untuk seluruh pintu masuk, yaitu Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

"Akses hanya dibuka untuk masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang dan masyarakat Desa Ngadas, Kabupaten Malang. Bagi masyarakat yang akan melintasi jalur Malang-Lumajang-Malang melalui Poncokusumo dan Senduro diimbau untuk mencari jalur alternatif lain," ujar Septi. 

Selain itu, sebagai otoritas pariwisata di Kawasan Gunung Bromo dan Gunung Semeru mereka juga mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Dengan tidak menyalakan api dan sejenisnya antara lain petasan, kembang api, dan flare demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama. Serta melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan TNBTS," tutur Septi. 

Sebelumnya, kebakaran di Gunung Bromo sempat dinyatakan mulai terkendali pada Sabtu, 9 September 2023 kemarin. Tetapi pada Minggu, 10 September 2023 kebakaran kembali meluas sehingga berdampak pada penutupan total kawasan Taman Nasional.