Diduga Langgar Aturan, Warga Keluhkan Bangunan Milik Anggota DPRD Kota Batu

Petugas DPUPR Kota Batu meninjau di Guest House Imafa
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Sebuah bangunan guest house dan koperasi yang ada di Jalan Raya Oro-oro Ombo, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu dikeluhkan masyarakat.

Datangi 2 Tempat Ekraf, Pj Wali Kota Batu Optimistis Potensi Pariwisata Terus Berkembang

Masyarakat menduga bangunan tersebut melanggar aturan dan tak berizin sebab letaknya berada persis di pinggir sungai dan tidak menyisahkan jarak. Diketahui bangunan yang sekarang menjadi Guest House Imafa dan KSP Rasa Mandiri tersebut milik Nur Ali anggota DPRD Kota Batu dari Fraksi PKB.

Keluhan itu disampaikan oleh salah satu warga, Abdullah. Menurutnya, bangunan yang didirikan mepet sungai.

Kepala Korban Belum Ditemukan, Polisi Masih Sterilisasi Sumber Ledakan Bom Ikan Bondet di Pasuruan

"Warga sering kali memprotes bangunan itu, tapi tidak ada respon sama sekali. Mungkin karena kita rakyat kecil sehingga tidak dihiraukan," katanya, Kamis, 20 Juli 2023.

Diketahui selain bangunan menjorok ke sungai, juga ada jembatan kecil yang dibangun. Padahal sebelum dibeli oleh anggota DPRD tersebut, dulunya lahan tersebut adalah fasilitas umum (Fasum). 

Pendaftaran Ditutup, Ada 4 Bacabup yang Resmi Daftar di PDIP dan Demokrat Jombang

"Jadi setelah dibeli, pemilik langsung membangun. Sebelum dibangun fasum itu adalah taman dan gazebo sebagai tempat mangkal para marketing vila," tuturnya.

Kemudian setelah dijual, para marketing diminta pindah lantaran lahan fasum tersebut dibangun Guest House Imafa dan KSP Rasa Mandiri. Dengan sikap anggota DPRD yang menerobos aturan tersebut warga hanya bisa pasrah.

Halaman Selanjutnya
img_title