Ribuan Kendaraan di Malang Di Uji Emisi Untuk Ketahui Kualitas Udara

Uji emisi di Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menggelar uji emosi kendaraan roda empat selama 3 hari sejak Selasa, 22 November 2022 hingga Kamis, 24 November 2022. Mereka mengetahui indeks kualitas udara di Kota Malang. 

Cara IWAPI Dorong UKM Kuliner Pasuruan Naik Kelas Lewat Cooking Class Gratis

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengungkapkan bahwa uji emisi digelar gratis sebagai bagian dari implementasi program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) RI bertitel langit biru. 

Ada dua yang disasar yakni, indeks kualitas udara dan indeks emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor baik yang berbahan bakar premium maupun solar.

Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras pada 9.129 KPM di Kota Batu

"Jadi indeks ini untuk mengukur kualitas emisi dan bentuknya akan ada suatu evaluasi. Nanti hasilnya akan kita laporkan ke KLHK sebagai pelaporan hasil evaluasi yang ada di perkotaan," kata Noer Rahman. 

"Dan untuk bersinergitas dengan perangkat daerah lainnya khususnya di Pemerintah Kota Malang nanti kita akan memberikan suatu evaluasi ini kepada Dinas Perhubungan berkaitan dengan kondisi jalur lalu lintas yang ada di Kota Malang," tambahnya. 

Bersama KPK RI, Mas Adi Dorong Kerjasama antar Stakeholder Berantas Korupsi

Rahman menuturkan targetnya, sebanyak 2.000 hingga 2.500 kendaraan akan diperiksa dalam waktu tiga hari kedepan. Uji emisi pertama dilakukan di Simpang Balapan hari kedua di Trunojoyo atau depan Stasiun Malang dan hari terakhir di Jalan Mayjen Sungkono, Kedungkandang. 

“Targetnya dua ribu sampai dua ribu lima ratus jenis kendaraan bensin dan bio solar untuk tiga hari kedepan,” tuturnya.