Nafas Segar Masalah Sampah di Kota Batu, 3 Mesin Incinerator Beroperasi di TPA Tlekung

Mesin Incinerator yang mulai beroperasi di TPA Tlekung.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA  – Tiga mesin Incinerator atau alat pembakar sampah mulai beroperasi di TPA Tlekung. Hal ini tentu membawa angin segar untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang terjadi di Kota Batu.

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

Tiga alat pembakar sampah senilai Rp13 miliar itu akan digunakan mengelola sampah berbeda.

Mesin pertama digunakan untuk mengelola sampah yang saat ini sudah ada di TPA Tlekung, mesin kedua digunakan untuk mengelola sampah di TPS3R Tlekung dan mesin ke tiga digunakan untuk mengelola sampah dari kawasan perkotaan.

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

Teknisi Dodika Incenarator, Yuda Wika mengatakan mesin tersebut tentu memiliki kualitas cukup baik untuk mengelola sampah karena pembakaran sampah itu memiliki keunggulan tidak mengeluarkan asap hitam, melainkan asap putih yang ramah lingkungan. 

"Jadi sampah yang datang langsung dimasukkan ke dalam mesin dengan suhu 800-1.000 derajat celcius. Nanti, hasil sisa pembakarannya berupa abu yang bisa difungsikan sebagai pupuk atau campuran bahan pembuatan paving," katanya, Jumat 5 Desember 2023. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

Yuda menyebutkan, mesin incinerator yang dimiliki oleh TPA Tlekung Kota Batu ini juga dimiliki oleh beberapa wilayah di Indonesia. 

"Seperti di Kabupaten Badung, Palembang dan Manado. Semoga mesin ini bisa menjadi solusi masalah sampah di Kota Batu karena prosesnya cukup mudah, sampah yang datang basah atau kering bisa langsung dimasukkan ke mesin untuk dibakar," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title