Dimarahi Anggota DPR, Nadiem Makarim Tertunduk Diam

Dimarahi Anggota DPR, Nadiem Makarim Tertunduk Diam
Dimarahi Anggota DPR, Nadiem Makarim Tertunduk Diam
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Video Menteri Nadiem Makarim terdiam saat diamuk anggota DPR RI viral di media sosial. Video berdurasa 5 menit 48 detik viral itu diunggah oleh akun TikTok @lamuji69, Senin 26 September 2022.

"Diamuk Anggota DPR Soal Tim Bayangan di Kementerian Pendidikan," tulis lamuji69 pada caption video unggahannya dikutip VIVA, Selasa 27 September 2022.

Dalam unggahan video itu memperlihatkan suasana rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Senayan, Jakarta, Senin 26 September 2022.

Tampak salah seorang anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah menyampaikan kritiknya kepada Menteri Nadiem Makarim. Terlihat ibu-ibu anggota DPR itu menyoroti kebijakan dan realisasi program yang dibuat menteri. 

Sementara Menteri Nadiem Makarim duduk terdiam mendengarkan kritikan dari anggota DPR RI. Terlihat Nadiem tanpa ekspresi mendengarkan kemarahan anggota dewan.

Anggota DPR RI ini memulai dengan sindirannya kepada Menteri Nadiem yang baru-baru ini mendapatkan tepuk tangan dari orang luar negeri di forum PBB karena kehebatan dan kepintaran Nadiem.

"Kami pun ingin memberikan tepuk tangan, bukan hanya orang PBB. orang luar negeri saja bisa, kenapa kita tidak? Tetapi kenyataannya kami memang tidak bisa memberikan tepuk tangan saat ini. Karena kenyataan di Indonesia sangat berbeda dengan bapak menteri paparkan di sana," ujar anggota DPR RI.

Kemudian anggota DPR Ini pun membuka satu persatu persoalan pendidikan yang terjadi saat ini di Indonesia.

Anggota DPR ini menyoal soal anggaran yang selalu berubah-ubah. Misalnya di anggaran pendidikan dikti ada selisih 7 triliun. Hal ini menunjukkan menteri tidak punya prinsip. 

"Apakah menteri terlalu pintar, kita tidak bodoh-bodoh amat Pak," sindirnya. Kiritik lainnya soal nasib guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Mereka sudah lulus PPPK, tapi mereka belum juga diberi gaji.

"Persoalan PPPK, saat ini masih banyak guru menangis, mana gaji kami buat anak kami makan, kami sudah lulus," kritik anggota DPR.

Anggota DPR ini pun makin marah saat mengkritik 400 tim bayangan bentukan Mendikbudristek yang dibanggakannya saat di forum PBB.  "400 tim bayangan yang Anda banggakan di sana, apa dampak positifnya bagi Indonesia?....apa kebanggannya coba jelaskan Pak menerti sehingga kami bangga," ujarnya.

Selama anggota DPR ini marah, Menteri Nadiem mengenakan masker hanya menunduk tidak berani memandang wajah anggota DPR.