Kenang Jasa Pahlawan asal Malang Hamid Roesdi, Ratusan Siswa-siswi  MIN 1 Tabur Bunga di TMP

Tabur bunga di makam pahlawan asal Malang Hamid Roesdi
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA – Ratusan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang berbondong-bondong datang ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Jumat 16 Agustus 2024. Mereka datang untuk memanjatkan doa sekaligus tabur bunga guna mengenang jasa-jasa mereka.

Pj Gubernur Jatim : Menuju Indonesia Emas 2024 Peran Humas Harus Lebih Masif

Secara khusus, mereka juga memanjatkan doa kepada Mayor Hamid Roesdi, pejuang asal Malang yang gugur dalam peperangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam Perang Agresi Militer II Belanda pada 1948-1949. Untuk menghormati jasa beliau, patung Hamid Roesdi juga didirikan di kawasan Ijen.

Kebetulan, lokasi sekolah mereka dekat dengan TMP yang berlokasi di Jalan Veteran, sekitar 500 lebih siswa-siswi ini berbondong-bondong menuju TMP dengan berjalan kaki. Dipimpin oleh para guru, para murid memanjatkan doa dan menaburkan bunga.

Konferwil ke 18 Resmi Dibuka, Gus Kikin Sebut PWNU Fokus Kuatkan Potensi di Jatim

Kepala MIN 1 Kota Malang, Siti Aisah mengatakan jika kegiatan ziarah dan tabur bunga di TMP ini merupakan bentuk penghormatan sekolah terhadap jasa para pahlawan. Tanpa pengorbanan mereka, generasi masa depan negeri tidak bisa mengenyam pendidikan seperti sekarang ini.

''Kita ingin menunjukkan kepada anak-anak tentang perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dengan berkunjung ke makam pahlawan langsung. Dengan begitu, kecintaan pada tanah air di dalam diri mereka terus bertumbuh dan melanjutkan perjuangan mereka,'' jelasnya.

Jelang Pembukaan Konferwil NU Jatim, Persiapan Panitia Sudah 100 Persen

Tentunya, perjuangan yang harus dilanjutkan oleh generasi masa depan nanti adalah dengan belajar mengenyam ilmu setinggi mungkin demi tujuan membangun bangsa ke arah yang lebih baik lagi.

Selain kegiatan tabur bunga sekolah juga menggelar berbagai kegiatan seperti doa bersama untuk negeri dengan menggelar salat dhuha, salat hajat, salat taubat, istighosah hingga sujud syukur bersama memperingati kemerdekaan RI. 

Halaman Selanjutnya
img_title