Jaga Kearifan Lokal, Pelajar SD di Jombang Wujudkan P5 Dengan Membatik

Pelajar SD saat membuat batik Shibori.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Menjunjung kearifan lokal para pelajar SDN 1 Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan membatik.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Para pelajar SD ini, diajak untuk belajar membatik Shibori mulai dari proses menggambar pewarnaan, finishing sampai proses akhir.

Batik Shibori merupakan salah satu batik yang digemari di dalam negeri. Teknik pewarnaan batik ini berasal dari Jepang. Shibori berasal dari kata kerja 'shiboru' yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik, meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana.

Kepala SDN 1 Kayangan, Kiki Ratnaning Arimbi, mengatakan, kearifan lokal yang diusung sebagai tema P5 tersebut, dimaksudkan agar peserta didik mengenal lebih dekat dengan karakteristik negara Indonesia yang kaya akan karya batik.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Tujuannya untuk pembelajaran P5 agar anak mengenal warna, macam-macam batik yang bisa digunakan untuk enterpreneur day," kata Kiki, Sabtu, 3 Februari 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa arus perubahan dunia pendidikan saat ini, sedianya harus disikapi dengan bijak oleh satuan pendidikan, dengan melakukan berbagai aksi nyata yang mampu menghasilkan karya terbarukan.

Halaman Selanjutnya
img_title