UB Jadi Yang Pertama di Jatim Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan Beam

Peluncuran transportasi ramah lingkungan Beam di UB.
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA Universitas Brawijaya Malang menjadi yang pertama di Jawa Timur sebagai lokasi yang mengoperasikan armada ramah lingkungan untuk perjalanan singkat di area kampus. 

Jangan Lewatkan! Live Streaming Irak U23 vs Indonesia U23 di RCTI dan Vision+

UB baru saja bekerjasama dengan Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik. Menandai proses kerjasamanya perusahaan ini secara resmi meluncurkan layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik di UB. 

UB sendiri sedang menganut green concept melalui penyediaan berbagai fasilitas penunjang yang ramah lingkungan. Beam Mobility melalui layanan mikromobilitas armadanya mulai beroperasi sebagai sarana transportasi ramah lingkungan sejak Rabu, 4 Oktober 2023 kemarin. 

Nekat Jual Sabu-sabu, Tukang Las Dibekuk Polisi

Direktur Badan Pengelola Usaha Universitas Brawijaya, Prof. Drs. Nurkholis mengatakan dengan kerjasama ini. Diharapkan mahasiswa nyaman melakukan mobilitas di UB tanpa menyumbang polusi.

"Kedepannya, jika inovasi ini berhasil dan memiliki dampak baik pada kampus. One day kendaraan bermotor di kampus akan semakin berkurang," kata Nurkholis, Kamis, 5 Oktober 2023. 

DPP PPP dan PKB Beri Sinyal Koalisi pada Pilkada, di Jombang Belum Ada Gambaran

Sementara itu, Country Manager Beam Mobility Indonesia, Devraj Sathivelu, mengatakan, Beam Mobility bukan sekadar sebuah layanan ride sharing sepeda listrik untuk mendukung mikro mobilitas masyarakat. Namun mereka menginisiasi sekaligus menstimulasi partisipasi masyarakat untuk beralih ke gaya hidup baru, yaitu gaya hidup yang lebih sustainable.

"Dengan hadirnya Beam di Universitas Brawijaya kami berharap seluruh civitas akademika dapat memulai gaya hidup baru yang lebih sustainable. Dan hal ini tentu saja juga sejalan dengan salah satu tujuan utama dari Universitas Brawijaya untuk menciptakan lingkungan civitas akademika ini menjadi sebuah green campus di Indonesia," ujar Devraj.

Halaman Selanjutnya
img_title