Terseret Kasus Korupsi, Kadinkes Kota Batu Hadapi Ancaman Pemecatan

Kadinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari usai ditetapkan tersangka.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Inspektorat Kota Batu bakal memecat Kepala Dinas Kesehatan Kartika Trisulandari sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketika kasus sudah inkrah atau memiliki keputusan yang berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

Resep Widodo C Putro Mampu Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Kartika saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Puskesmas Bumiaji pada tahun 2021. Ia ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa, 9 Januari 2024 kemarin oleh Kejari Kota Batu.

"Terkait hal itu kalau putusan sudah inkrah yang bersangkutan baru diberhentikan sebagai PNS," kata Inspektur, Inspektorat Kota Batu, Sugeng Mulyono, Rabu, 10 Januari 2024.

Lolos Dari Ancaman Turun Kasta Manajemen Arema FC Puji Kerja Keras Pemain

Sugeng menuturkan, saat ini sesuai aturan, ketika seorang PNS ditetapkan tersangka dalam kasus Tipikor, sementara waktu yang bersangkutan akan diberhentikan sementara.

"Meski begitu yang bersangkutan akan tetap mendapatkan gaji sebesar 50 persen. Ketika nanti pengadilan sudah menetapkan ia bersalah, selanjutnya akan diberhentikan dengan tidak hormat," ujar Sugeng. 

Tunjang Sport Tourism, Pemkot Batu Pastikan Pembangunan Track BMX pada Awal 2025

Perlu diketahui, dalam perkara ini selain Kartika, kemarin Kejari Kota Batu juga menetapkan Abdul Khanif selaku rekanan sebagai tersangka. Keduanya pun ditahan di Lapas Kelas I Lowokwaru dan Lapas Kelas II Perempuan Malang. 

Penahanan bertujuan untuk memudahkan proses penyidikan, guna mempercepat penuntasan perkara tersebut. Total dalam kasus ini sudah ada empat tersangka yang diamankan.

Halaman Selanjutnya
img_title