Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Jadi Tersangka Pembangunan Puskesmas Bumiaji

Kadis Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari memakai rompi Kejari
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Kejaksaan Negeri Kota Batu kembali menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Gedung Puskesmas Bumiaji. Terbaru, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari ditangkap oleh Kejari Kota Batu

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Kartika ditangkap dan diamankan bersama tersangka lainnya dari unsur swasta yakni Abdul Khanif pada Selasa, 9 Januari 2024. Keduanya ditangkap karena sudah berstatus tersangka usai menjalani pemeriksaan di Kejari. 

"Jadi penetapan ini sesuai janji saya memberikan kejutan di awal tahun. Tambahan dua tersangka baru ini hasil pengembangan pihak penyidik untuk mendalami dugaan kasus korupsi," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu, Didik Adyotomo

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Perlu diketahui, dalam perkara ini Kejari Kota Batu juga sudah menetapkan 2 tersangka di awal penyidikan. Mereka yaitu Angga Dwi Prastya selaku Direktur CV PK atau pelaksana pekerjaan dan Diah Aryati Direktur CV DAP selaku konsultan pengawas.

Penyidik menduga dari perbuatan tersangka negara mengalami kerugian sebesar Rp300.840.461 juta. Kerugian itu disebabkan adanya kekurangan spesifikasi dan mutu bangunan.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Para tersangka terbukti melakukan perbuatan melawan hukum dalam proses pembangunan. Selain itu dalam pekerjaan tersebut konsultan pengawas tidak melaksanakan pekerjaan pengawasan dengan cermat, diantaranya dalam penyusunan laporan harian, laporan mingguan dan laporan bulanan, laporan progres pekerjaan dan As Built Drawing yang tidak sesuai dengan kondisi pekerjaan di lapangan dan hanya berdasarkan dokumen milik kontraktor.