Cara Komunitas Karang Taruna di Indonesia Jaga Spirit Persatuan Bangsa di Momen HUT RI ke-79

Turnamen Voli pemuda desa rekatkan warga
Sumber :
  • Dok. Pribadi

Malang, VIVA – Komunitas Karang Taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community melakukan berbagai cara menarik dalam mempererat tali silaturahmi antar warga di desanya selama peringatan HUT RI ke-79. Semangat itu dilakukan untuk meneladani semangat perjuangan bersama para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI.

Waduh, Karnaval Sound Horeg di Jombang Diwarnai Aksi Tawuran Warga

Dalam merebut kemerdekaan, ikatan solidaritas antar pejuang dari berbagai daerah bisa menjadi satu meski terpisah oleh jarak. Semua disatukan oleh satu hal, kesamaan nasib dan kecintaan terhadap bangsa dan tanah air.

Semangat itu pula yang diadopsi oleh para pemuda di berbagai daerah yang tergabung dalam Heppiii Community yang tersebar mulai di Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Kalimantan. Seperti di Jatim mulai Tuban, Lamongan, Kediri, Malang, Bojonegoro, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi.

Meresahkan Warga, Aksi Balap Liar di Jombang Dibubarkan Polisi

Kemudian daerah Kalimantan seperti di Banjarmasin serta Pangkalan Bun juga turut menggelar kegiatan Merdeka Heppiii 2024 ini. Mereka menggelar banyak kegiatan sejak awal hingga akhir Agustus. 

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan kegiatan yang dilakukan berfokus pada kegiatan yang membuat warga desa semakin guyub dan rukun. Seperti perbaikan lapangan dan turnamen voli, pengecatan gapura desa, penambahan lampu penerangan jalan, gotong royong bersih-bersih dan kegiatan lainnya.

Makna Penting Kemerdekaan Bagi Mas Gum, saatnya Merangkul Nilai Kebangsaan

Kegiatan bertajuk Merdeka Heppiii ini kata Ronald juga menjadi bagian dari cara pemuda desa untuk menampilkan berbagai potensi ekonomi dan kreativitas warga desanya.

“Saat puncak kegiatan seperti di malam 17 Agustus, sejumlah daerah menampilkan berbagai pertunjukan kesenian budaya lokal mereka masing-masing. Ada juga pengajian, kemudian kegiatan hiburan lainnya, termasuk jalan sehat bersama seluruh warga desa di pagi harinya,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title