Warga di Sanan Malang Bangun Rumah Menyerupai Klenteng Umat Konghucu

Rumah dengan arsitektur China di Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Sepintas warga yang melewati rumah milik Norhasim (66 tahun) pasti mengira bahwa bangunan bertuliskan rumah China itu adalah Klenteng. Maklum saja rumah di Jalan Sanan, gang 11, Kota Malang ini bermotif merah dan kuning serta dipenuhi ornamen khas bangunan sebuah Klenteng. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Norhasim menuturkan, bahwa cita-cita mengubah bangunan menyerupai Klenteng ini sejak tahun 1992. Saat itu dimulai dari mengumpulkan buku bekas tentang Negeri Tirai Bambu. Berawal dari situlah dia ingin mengubah rumahnya seperti bangunan di Negeri China. 

"Tahun 2000 akhirnya saya mulai ngebet (ingin). Dan baru bisa terlaksana 2006. Ini saya cat full seperti Klenteng selama 8 bulan. Kalau mencicil ornamen mulai 1992," kata Norhasim, Rabu, 18 Januari 2023.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Pria dengan 4 anak dan 6 cucu ini sangat ingin rumahnya bermotif Klenteng. Alasan dia menyukai seni China karena dia menganggap kebudayaan Negeri Tirai Bambu ini memiliki seni yang indah. 

Mulai dari pintu, jendela, tembok luar hingga halaman ruang tamu di cat bermotif Klenteng bahkan terpasang sejumlah patung naga di rumah ini. Ada sejumlah gambar-gambar khas Tiongkok. Bahkan hal serupa menyebar hingga rumah lain milik tetangga Norhasim. 

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

"Unik dan nyeleneh sudah itu saja kepingin saya. Pada 2006 itu selama 8 bulan saya kerjakan sendiri siang dan malam. Jadi saya cetak gambar dulu motifnya bagaimana terus saya cat serupa dengan itu. Dan jadinya seperti ini, menyerupai Klenteng," ujar Norhasim. 

Rumah ini sudah ditempati oleh Norhasim sejak 1978. Awalnya rumah ini terbuat dari bambu. Perlahan mulai dibangun permanen dengan dua lantai di tahun 1980 an. Baru memasuki tahun 2006 rumah berubah total berkonsep Klenteng atau rumah ibadah China. 

Halaman Selanjutnya
img_title