Transformasi Digital, Ini Kata OJK

Transformasi Digital, Ini Kata OJK
Sumber :

Malang – Saat ini, baik pemerintah pusat maupun daerah sedang melakukan berbagai upaya untuk transformasi digital. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar upaya digitalisasi tersebut berjalan dengan baik.

Sudah 4 Kali Contra Flow, Pemudik Masih Terjebak Macet di Jalur Arteri Jombang

Mulai dari upaya-upaya transformasi digital yang marak dilakukan di sektor jasa keuangan saat ini. 

Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mirza Adityaswara menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang bisa memicu keberhasilan. 

Kota Batu Pastikan Destinasi Wisata dan Akomodasi Siap Sambut Wisatawan

Beberapa faktor itu antara lain, kesesuaian teknologi yang diadopsi dan anggaran yang memadai. Serta, adanya kebijakan dari regulator dan otoritas yang mendukung transformasi digital.

"Lalu, kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang merupakan faktor kunci yang sangat penting dalam menyukseskan program transformasi digital," kata Mirza.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23 2024, Ada Justin Hubner hingga Arkhan Fikri

Menurutnya, faktor kesiapan SDM yang akan menjadi dirigen dan penentu, apakah transformasi digital tersebut bisa berjalan sukses atau tidak. "Karena faktor manusia yang bisa mengidentifikasi semua permasalahan yang harus dipecahkan dalam program digitalisasi tersebut," ujar dia. 

Mirza menegaskan, faktor teknologi yang canggih dan dana yang melimpah, tidak akan sepenuhnya menjadi faktor penentu keberhasilan dalam transformasi digital apabila tidak didukung dengan kesiapan SDM di organisasi itu.

Halaman Selanjutnya
img_title