Strategi Genjot Ekonomi Syariah di Tengah Tantangan Global

Strategi Genjot Ekonomi Syariah di Tengah Tantangan Global
Sumber :

Malang – Pemerintah pusat saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk mendorong ekonomi syariah (eksyar). Apalagi, saat ini, tantangan ketidakpastian global menjadi isu yang hangat.

Kasus Penganiayaan Siswa di Kota Malang, Sekolah Langsung Lakukan Pembinaan

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S Budiman mengungkapkan, terdapat tiga strategi guna mendorong perkembangan ekonomi syariah (eksyar) di tengah tantangan tersebut. 

Pertama, menyelaraskan pengembangan eksyar untuk akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Serta menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan. 

Operasi Keselamatan Semeru 2024 Dimulai 4 Maret, Ini Target Sasaran Satlantas Polresta Malang Kota

Kedua, penguatan kelembagaan untuk pengembangan eksyar melalui penguatan Rantai Nilai Halal (RNH) yang dilakukan dengan end-to-end, sehingga menghasilkan high quality local product.

"Ketiga, memanfaatkan teknologi digital, yang juga bisa meningkatkan inklusivitas. Penggunaan teknologi digital pada masa pandemi telah membuka peluang bisnis baru yang lebih luas dan lebih cepat mencakup antar daerah, lintas provinsi, hingga antar negara," kata Aida.

Cari Bakat Siswa, SMK Sri Wedari Malang Gelar Turnamen e-Sport Mobile Legend

Selain itu, kunci dari ekonomi nasional adalah menjaga stabilitas untuk pertumbuhan yang berkesinambungan dan inklusif. 

"Hal ini dilakukan melalui strategi sinergi antar otoritas, pelaku usaha, masyarakat, dengan melibatkan ekonomi syariah," papar dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title