Menata Birokrasi Ekonomi Digital Daerah

Koordinator Presidium MD KAHMI Kota Batu, Dian Fachroni.
Sumber :
  • Koordinator Presidium MD KAHMI Kota Batu, Dian Fachroni.

MalangBirokrasi digital dapat dilihat dari sifat perkembangan teknologi informasi dan karena itu berbicara banyak tentang bagaimana pelanggan atau publik berada dalam kesulitan.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Dalam digitalisasi birokrasi pemerintahan, selain menjadi perhatian utama, kita juga harus memperhatikan sistem informasi, struktur birokrasi, kualitas sumber daya manusia, perangkat sistem struktur dan operasional sumber daya manusia, serta tidak melupakan kebutuhan masyarakat di luar birokrasi. Birokrasi memperhatikan dan menginginkan peningkatan efisiensi dan kepuasan terhadap layanan digital birokrasi negara.

Masyarakat yang mengalami perubahan sistem informasi mencoba mempelajari dan memahaminya. Di dunia perbankan, dengan adanya perubahan perbankan digital, lambat laun masyarakat akan terbiasa dengan perubahan perbankan. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Akibat perubahan sistem perbankan digital, masyarakat mulai mengidentifikasi, mendalami dan mengimplementasikan perbankan digital, dibandingkan hanya mengidentifikasi dan melakukan perbankan manual melalui pertemuan tatap muka. 

Bahkan, masyarakat yang membutuhkan perbankan online yang cukup di rumah kini dapat mentransfer, menyimpan, dan menarik uang menggunakan teknologi mobile banking.

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

Sikap dan perilaku sistem pelayanan birokrasi negara harus siap menyesuaikan nilainya dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Demikian halnya dengan perusahaan swasta yang sangat memperhatikan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Sejauh ini prestasi perusahaan swasta dan mikro membutuhkan apresiasi dan penghargaan dari masyarakat. Sebuah organisasi komersial mengharuskan masyarakat untuk membeli barang yang diproduksi.

Halaman Selanjutnya
img_title