Jelang Imlek dan Pemilu 2024, Harga Beras di Kota Pasuruan Naik Jadi Rp16.000 per Kg

Harga beras naik di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan.
Sumber :
  • VIVA Malang/Mochamad Rois

Pasuruan, VIVAHarga beras medium di pasar tradisional Kota Pasuruan melambung jelang perayaan Imlek dan Pemilu 2024. Kenaikan harga beras tersebut salah satunya seperti yang terjadi di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Wiwik, salah satu pedagang di Pasar Kebonagung menjelaskan jika sebelumnya harga beras medium masih berada di kisaran Rp14.500 per kilogram (kg). Namun, saat ini harganya sudah merangkak naik menjadi Rp16.000 per kg.

"Perkembangan hari ini, harga beras terus naik. Awalnya Rp13.800, sekarang Rp14.500. Beras yang biasanya Rp14.500, sekarang Rp15.000, bahkan ada yang sampai Rp16.000," kata Wiwik saat ditemui di tokonya, Rabu, 7 Februari 2024.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Wiwik pun menuturkan jika naiknya harga beras selama seminggu ini membuat banyak para pelanggannya mengeluh. Apalagi pelanggan yang latarbelakang jumlah anggota keluarganya banyak dan para tukang becak yang berbelanja beras serta kebutuhan pokok lainnya sering mengungkapkan keluhannya.

"Naiknya harga beras ini membuat saya tidak berani nyetok beras. Khawatir tiba-tiba harga beras turun. Jadi, saya kulakannya ngepres," ungkapnya.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Kartini, salah satu pembeli pun berharap pemerintah bisa segera menstabilkan harga beras. Sebab, dirinya mengaku sangat keberatan dengan melambungnya harga beras saat ini.

"Kasian orang kecil-kecil (kalau harga beras naik terus). Harapannya ya harga beras bisa turun atau stabil, sehingga tidak memberatkan kami," tuturnya.