Inspiratif, Pemuda di Jombang Raih Untung Jutaan Rupiah dari Budidaya Melon Hidroponik

Panen melon hidroponik di Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Seorang pemuda di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Ahmad Alfian Rohmadi (25 tahun). Berhasil membudidayakan tanaman buah melon, dengan sistem hidroponik dengan memanfaatkan pekarangan rumah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh. 

Buka Program ESG, ISA Dukung Universitas Sanata Dharma dan Interlink

Bermodalkan, lahan seluas 6,5 meter kali 20 meter yang ada di sebelah rumahnya, Rohmadi membudidayakan 304 tanaman buah melon premium. Dalam sekali panen dia mampu mendapat jutaan rupiah. Apalagi masa panen melon miliknya 2 bulan sekali. 

Rohmadi menjelaskan ide usaha budidaya melon premium tersebut, dilakukan pada awal tahun 2023. Bermula dari ayahnya yang gagal menanam melon di sawah. Kegagalan ayahnya menjadi motivasi bagi dirinya untuk mewujudkan mimpi menjadi petani melon. Bedanya, Rohmadi memilih sistem tanam buah melon hidroponik.

Di Momen Halalbihalal BNPM Tegaskan Komitmen Bersinergi Dengan Pemerintah

"Untuk usaha budidaya melon premium ini, memakai sistem hidroponik. Berawal dari keresahan bapak saya yang menanam melon di persawahan, dan dalam bulan terakhir beliaunya itu gagal panen karena cuaca," kata Rohmadi, Jumat, 3 November 2023.

Dengan lahan yang terbatas di samping rumahnya. Dia mendirikan greenhouse yang ukurannya cukup untuk menampung ratusan tanaman buah melon premium miliknya.

Hilang Kendali Pasutri Alami Laka Maut di Pujon

"Populasi di sini kurang lebih 304 tanaman dengan luas greenhouse 6,5 x 20 meter," ujar Rohmadi. 

Dia mengungkapkan perbedaan melon premium hidroponik miliknya dengan tanaman buah melon pada umumnya adalah pada rasa yang manis, seperti madu. Selain itu, melon premium hidroponik memiliki daging buah yang kranci bila disantap.

Halaman Selanjutnya
img_title