Kreatif, Pria di Jombang Manfaatkan Sayuran Gambas Untuk Raup Cuan Jutaan Rupiah Perbulan

Pembuatan Kerajinan berbahan gambas
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sungguh sangat kreatif, hal yang dilakukan Lutfil Hakim warga asal Desa Denanyar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di tangan pria berusia 48 tahun yang terampil itu, sayuran gambas disulap menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

Keseruan Hajatan Andum 2.024 Durian Wonosalam, Warga Jombang Berebut hingga Luka-luka

Tanaman sayuran gambas diubahnya menjadi peralatan mandi. Mulai dari gosokan punggung, hingga alat untuk membalur tubuh dengan sabun cair.

Ditemui di rumahnya yang ada di perum Denanyar Indah. Hakim mengaku menekuni usaha ini sejak tiga bulan yang lalu. Namun, dalam sebulan ia sudah bisa meraup cuan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Soal Kasus Penganiayaan Siswa di Kota Malang, Disdikbud Bakal Bina Kepala Sekolah dan Guru

"Ini kerajinan sikat punggung, ada yang untuk mandi. Untuk saat ini ada tiga jenis. Bahan dasarnya gambas lova, saya manfaatkan untuk pembuatan sikat punggung dan sikat mandi. Ada tiga jenis alat gosok, serbaguna. Diantaranya, alat gosok punggung, shower untuk mandi. Dan alat gosok cuci," kata Hakim, Jumat 20 Oktober 2023.

Dalam sehari, bapak 3 anak itu mengaku bisa memproduksi 30 kerajinan tangan berbahan dasar gambas, dengan ditemani satu karyawannya. Dan siapa sangka, hasil tangan dinginnya itu langsung diminati pasar.

Ini Legislator yang Akan Menduduki Kursi DPRD Kabupaten Pasuruan Hasil Rekap KPU

"Awalnya ya lihat-lihat ini saja di pasaran, seperti apa dan ternyata bagus kalau produksi dan alhamdulilah jalan. Sehari bisa 20 sampai 30 kerajinan tangan berbahan gambas," ujar Hakim. 

Ia pun menjelaskan, untuk setiap hasil karyanya, dijual dengan harga berbeda. Untuk alat gosok mandi yang biasa, harganya cukup murah. Sedangkan alat gosok punggung untuk mandi dibandrol dengan harga berbeda juga.

Halaman Selanjutnya
img_title