Dusun Terpencil di Kota Batu Produksi Keju Mozarella Beromzet Ratusan Juta Perbulan

Proses pengolahan susu menjadi keju mozarella
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Semua orang tak menyangka di sebuah dusun terpencil di Kota Batu mampu membuat produk turunan susu yaitu keju mozarella hingga menembus pasar Jawa dan Bali dengan omzet ratusan juta.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Keju yang diberi merk Chizzu tersebut merupakan produk Koperasi Margo Makmur Mandiri yang berada di RT 4 RW 10, Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Nampak di sebuah bangunan berukuran kurang lebih 5x10 meter persegi 5 pekerja sibuk mengolah susu menjadi keju mozarella. Ruang-ruang di sana juga tersusun rapi serta cukup bersih. Tak semua orang diperbolehkan masuk saat pengolahan, pasalnya tempat harus steril agar tidak menganggu prosesnya.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Pengelola Keju Mozarella, Koperasi Margo Makmur Mandiri, Dapin Narendra mengatakan jika pihaknya sudah mulai memproduksi keju setahun lalu. Produknya pun sudah terkirim mulai Jawa-Bali dengan omzet ratusan juta setiap bulannya.

"Sudah setahun kita produksi susu, dan Alhamdulillah produk kami diterima di pasaran karena memiliki cita rasa berbeda yaitu lebih gurih. Mulai Jawa seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Bali. Tercatat omzet pun pernah mencapai Rp300 juta, tapi kalau rata-rata perbulan minimal Rp200 juta," katanya, Sabtu 19 Agustus 2023. 

Amarah Membara Karena Terbakar Api Cemburu, Jadi Motif Pria Muharto Bacok Istri

Dirinya pun menceritakan proses mengolah susu menjadi keju mozarella. Pertama bahan utama susu masuk ke mesin 'cheese fat'. Suhu susu dinaikan menjadi 30 derajat dan ditambah bahan pengasam (asam organik) untuk menurunkan Ph susu. 

"Kemudian juga ditambah bahan penggumpal agar susu secara optimal menggumpal seperti jelly. Proses selanjutnya, setelah menggumpal dihancurkan dengan cara dicacah menggunakan pisau untuk mempercepat proses pengendapan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title