Cerita Unik Dibalik Mie Bakar Celaket, Kuliner Khas Kota Malang

Mie Bakar Celaket
Sumber :
  • Viva Malang

MalangMie bakar Celaket kini menjadi kuliner khas yang wajib dikunjungi saat berlibur di Malang Raya. Mie bakar Celaket yang didirikan pada 2016 lalu kini menjadi salah satu destinasi kuliner favorit yang tidak lengkap jika belum mencicipinya. 

Viral Terlanjur Beli Tiket Mafest Vol 3, Tapi Konser Tidak Jadi Digelar

Ternyata ada kisah perjuangan sang owner Isminarto (50 tahun) sebelum sukses menjelma menjadi kuliner hits di Malang. Pria asli Celaket atau Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang itu awalnya hanya berdagang mie instan dan kopi di rumahnya. 

Suatu ketika saat dirinya melayani tamu pembeli mie instan mie yang dia masak tumpah ke kompor. Mie itu dia sendirikan dan terpaksa membuatkan baru kepada pelanggannya itu. Setelah itu dia mencoba berinovasi dengan sekalian membakar mie yang tumpah itu. 

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

"Ternyata mie jika dibakar itu enak. Dan saya langsung cari formulanya bagaimana caranya bisa menjual mie bakar. Saya bertemu banyak orang mencari saran dan memperdalam bagaimana sih kita membuat mie bakar yang sebenarnya sudah ada tapi ini yang lain daripada lainnya," kata Isminarto, Minggu, 11 Desember 2022. 

Isminarto diawal berdagang hampir 1 tahun menjual Mie Bakar mengandalkan bungkus dari kertas minyak atau kertas bungkus pada umumnya. Suatu saat dia bertemu dengan rekannya dan diberi saran bahwa untuk naik kelas dia harus mengemas dengan cara yang bagus, elegan dan sehat. 

Serambi MyPertamina Primadona Layanan Bagi Pemudik di Jatim

"Akhirnya saya ubah dari kertas bungkus yang biasa menjadi pakai aluminium foil. Pertama bisa langsung dibakar di atas aluminium foil, kedua ternyata bisa lebih awet ketimbang kertas bungkus yang biasa. Bahkan bisa dikirim ke luar kota," ujar Isminarto. 

Dari 2 Kilogram kini 200 kilogram mie per hari

Halaman Selanjutnya
img_title