Puluhan Kelompok Kesenian Tradisional Dukung Sam HC - Ganis di Pilwali Kota Malang

Ganis Rumpoko bersama puluhan kelompok kesenian tradisional
Sumber :
  • Ist / Bologanis

Malang, VIVA – Paslon nomor urut 2 di Pilwali Kota Malang Heri Cahyono - Ganisa Pratiwi Rumpoko mendapat dukungan dari puluhan kelompok kesenian tradisional di Kota Malang, pada Kamis, 17 Oktober 2024 malam. Bahkan mereka telah bertemu dan berdiskusi dengan Calon Wakil Wali Kota Malang, Ganis Rumpoko

Takmir dan Guru Ngaji Lowokwaru Dukung Abah Anton di Pilwali Kota Malang

Para seniman berasal dari kesenian Bantengan, Reog, Rampag Barong, Jaranan Dor, Jarangan Pegon dan lainnya. Pertemuan ini telah digelar ketiga kalinya. Sebelumnya di Kedungkandang dan Sukun.

Ketua Jaranan Malang Raya, Yoyok Edi Sunaryo mengatakan, secara total, sudah ada 56 ketua kelompok seni tradisional, yang sudah bertemu dengan Ganis Rumpoko. 

Baru 3 Bulan Priyo Sudibyo Panen Penghargaan Bersama Tugu Tirta

"Sementara di masing-masing kelompok itu, rata-rata punya 25-50 anggota. Kami semua bergabung dalam komunitas Jaranan Malang Raya,” kata Yoyok. 

Keluhan para seniman saat ini rata-rata adalah terkendala perizinan. Padahal para pelaku dunia seni membutuhkan izin untuk menampilkan karya mereka. 

Baliho Sarkas Bermunculan, Abah Anton : Justru Melukai Demokrasi

“Sebenarnya permintaan kami itu sangat sederhana. Jangan persulit proses perizinan, ketika kami ingin tampil menghibur. Bolo-bolo kesenian ini sering kesulitan mengurus izin. Mulai dari RT, RW sampai Kelurahan. Termasuk lewat Babinkamtibmas untuk sampai di Polsek. Rata-rata mereka selalu bilang, tidak melarang tapi juga tidak mengizinkan. Lha, itu kan sama saja dengan menghambat kami berkarya,” ujar Yoyok. 

Yoyok menyebut, padahal semangat mereka adalah melestarikan kesenian tradisional. Bahkan kini banyak anggota kelompok kesenian tradisional, yang masih berusia muda. Sementara mencari penerus sangat kesusahan. 

Halaman Selanjutnya
img_title