Gambaran Koalisi Mulai Terbentuk, Diprediksi Ada 3 Poros Kuat

Kantor KPU Kota Batu.
Sumber :
  • Dok KPU Kota Batu.

Batu, VIVA – Jelang pendaftaran pasangan calon (Paslon) pada 27 hingga 29 Agustus besok di Kantor KPU Kota Batu. Sejumlah partai politik mulai menunjukkan arah dukungannya dengan membentuk koalisi untuk mengusung paslon yang akan bertarung dalam kontestasi tersebut.

Paslon Cak Nur-Mas Heli Bakal Bikin Jumat Berkah Lebih Luas di Kota Batu

Informasi yang didapat media ini dari beberapa sumber, diprediksi ada tiga koalisi atau poros besar yang akan bersaing dalam Pilkada 2024 mendatang untuk memperebutkan kursi pimpinan daerah di Kota Batu.

Salah satu koalisi yang telah resmi terbentuk dan sudah mendeklarasikan diri, pertama Koalisi PKB-Gerindra mengusung Nurochman (Cak Nur) dan Heli Suyanto.

Paslon Guru Usung Program Mobil Guru BK, Layanan Konseling Gratis Lintas Usia

Koalisi ini didukung oleh total 10 kursi di DPRD, dengan 6 kursi dari PKB dan 4 kursi dari Gerindra. Nurochman dikenal sebagai salah satu figur yang juga Ketua DPC PKB Batu. Begitu juga Heli Suyanto, yang juga menjadi Ketua DPC Gerindra Batu. 

Kedua, koalisi PDI Perjuangan dan Partai Nasdem yang mengusung Kris Dayanti (KD) dan Kresna Dewanata Prosakh. Koalisi ini didukung oleh total 7 kursi di DPRD Kota Batu, yang terdiri dari 6 kursi milik PDIP dan 2 kursi dari Partai Nasdem. 

Mas Gum : Bakal Calon Wali Kota Batu yang Tajir dan Berpendidikan Tinggi

Ketiga yaitu, koalisi Golkar, PAN, Demokrat, dan kabarnya PKS. Koalisi gemuk ini dikabarkan mengusung Firhando Gumelar (Mas Gum) dan H Rudy. 

Koalisi ini dinilai paling gemuk lantaran didukung oleh 12 kursi di DPRD dengan rincian 4 kursi dari Golkar, 2 kursi dari PAN, 1 kursi dari Demokrat, dan 5 kursi dari PKS.

Halaman Selanjutnya
img_title